Acara Skanikaphoria dilaksanakan pada hari senin 13 Desember 2021, dari jam 08.30-14.00 dengan berbagai acara didalamnya seperti pertunjukan spektakuler tari Pelangi Negeriku, sambutan sekaligus presentasi Best Practice dan kaleidoskop SMK PK oleh ibu kepala sekolah SMK Negeri 1 Kokap Caecilia Luppi Satesti, S.Pd. M.Hum, Sambutan Kepala Balai Dikmen Kulon Progo, Penandatanganan Komitmen atau MOU oleh perwakilan DUDIKA dengan tujuan Rekruitment dan Penyaluran lulusan, Penguatan Kemitraan (beasiswa, donasi) serta pemanfaatan fasilitas bersama. Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh fashion show batik hasil karya siswa jurusan Kriya Batik dan Tekstil serta penampilan band guru dan band murid, ditutup dengan doa bersama.
Tujuan acara Skanikaphoria Best Practice SMK Pusat Keunggulan adalah berbagi “pengalaman terbaik” dari keberhasilan SMK Negeri 1 Kokap dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dalam Kegiatan SMK PK yang dijabarkan melalui kaleidoskop yang ditampilkan dalam acara ini. Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitment DUDIKA untuk Rekruitment dan Penyaluran lulusan, Pentingnya kerjasama dengan DUDIKA untuk penyaluran tenaga kerja/lulusan yang berasal dari SMK Kokap adalah sebagai wujud usaha untuk meningkatkan mutu kehidupan bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Kokap yang telah lulus. Penguat Kemitraan (beasiswa, donasi) yang bermanfaat untuk membantu siswa-siswi yang membutuhkan agar bisa melanjutkan sekolah tanpa fokus memikirkan biaya serta pemanfaatan fasilitas bersama.
Semoga kegiatan Skanikaphoria Best Practice SMK Pusat Keunggulan bisa memberikan inspirasi bagi sekitar untuk bisa menciptakan karya terbaik.